heavenlylombok@gmail.com
Hotline : (+62)81 803613750 | (+62)370 - 635950

10 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Berikut adalah 10 tempat yang wajib anda kunjungi selama berada di Pulau Lombok :

 

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi, adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pantai dengan pasir putih dan ombak yang tenang ini sangat cocok untuk melepaskan penat. Selain menyajikan pemandangan pantai yang indah, Pantai Senggigi juga menawarkan pamandangan bawah laut yang menawan.Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

 

2. Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno

Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini mulai terkenal sejak tahun 1980 pada saat sekelompok backpacker menemukan pulau indah ini. Trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam. Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor, sehingga untuk dapat menjelajah pulau ini, Anda dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan di pulau ini dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

 

3. Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani, merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya, terdapat juga sebuah danau kecil bernama Segara Anak. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri karena dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa. Wisata favorit di Gunung Rinjani adalah pendakian. Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Rinjani, Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhan Anda.

 

4. Pantai Kuta

Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali, melainkan juga ada di Lombok. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir yang sehalus merica, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia karena masih jarang dijamah oleh gangguan manusia. Wisata utama di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara adat Sasak di desa ini, yang disebut upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing laut (Nyale), yang diyakini sebagai penjelmaan dari Putri Mandalika, seorang Putri cantik dalam legenda masyarakat Sasak.

 

5. Taman Narmada

Terletak di kota Narmada, 10 kilometer sebelah timur Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Taman Narmada adalah sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian keluarga raja (Sewaktu masih masa kerajaan di Mataram). Di taman ini terdapat kolam renang dan sebuah Pura Hindu. Hal unik dari Taman Narmada adalah, desain taman ini merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda membasuh muka dan meminum air tersebut.

 

6. Monkey Forest / Hutan Monyet Pusuk

Pusuk yang berarti puncak, bagian kawasan Hutan Rinjani, Lombok, merupakan habitat dari ratusan monyet. Dalam perjalanan di sekitar Hutan Monyet Pusuk, berhati-hatilah bila berkendara, karena sering kali monyet-monyet ini bermain di tengah jalan. Di Pusuk terdapat ratusan ekor monyet yang selalu setia menanti dipinggir jalan untuk diberi makan oleh pengendara yang lalu lalang melintas dijalan yang berkelok-kelok. Jalan di pusuk memang terlihat seperti kawasan puncak yang menawarkan sensasi yang berbeda bagi pengendara maupun turis asing. Hutan lindung yang rimbun serta suara alam mengiringi monyet yang berjejer di pinggir jalan. Pantas jika disebut Pusuk Pass. Jangan lupa membawa pisang jika berkujung ke Pusuk. Hutan Monyet Pusuk biasanya menjadi tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile ataupun Gili Trawangan. Bila Anda membawa makanan, monyet-monyet ini akan berusaha mengambilnya dari Anda, jangan melawan monyet-monyet ini karena mereka bisa saja marah.

 

7. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 80 KM atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu. Dan dengan sedikit berjalan kaki menyusuri hutan selama 30 menit, anda pun sampai di Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Segarnya air yang turun, akan membuat anda lupa akan segalanya.

  

8. Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di bagian selatan Kabupaten Lombok Barat, tepatnya dekat Pelabuhan Lembar. Gili ini merupakan tempat wisata yang belum terjamah keaslian alamnya oleh kendaraan bermotor maupun cidomo. Untuk mencapai Gili Nanggu anda harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan kapal dari pelabuhan Tawun. Kegiatan yang sangat tepat saat anda berada di Gili Nanggu adalah snorkeling menikmati keindahan taman bawah lautnya. Ada dua titik snorkeling di Gili Nanggu. Titik pertama ada di sisi timur pulau yang menyajikan pemandangan spesies ikan ikan yang cantik, dan titik kedua ada di sebelah selatan pulau yang menyajikan pemandangan terumbu karang yang begitu menakjubkan. Gili Nanggu masih berada di gugusan gili wilayah selatan berjajar dengan Gili Sudak dan Gili Tangkong.

 

9. Pantai Pink

 Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Di dunia, jenis pantai dengan pasir berwarna merah muda ini hanya ada tujuh saja. Enam lainnya adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.  Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Selain keindahan Pantai Pink, disekitar pantai ini juga terdapat titik lain yang dapat membuat kita terkagum, seperti Teluk Semangkok yang terkenal dengan terumbu karang 3 warna dan sumur ikan, kemudian Gili Petelu yang diperairannya terdapat ribuan ikan yang jinak.

 

10. Batu Bolong

Objek wisata satu ini mengandung unsur wisata budaya karena di sini anda akan disuguhkan sebuah pura yang diberi nama Pura Batu Bolong. Lokasi Batu Bolong sendiri sebenarnya masih berada di pesisir Pantai Senggigi. Anda hanya butuh berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam maka anda akan sampai di Batu Bolong. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. Seperti pura-pura pada umumnya di Bali, untuk dapat memasuki Pura Batu Bolong, Anda harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Dari atas Pura batu Bolong ini anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Agung yang ada di Bali dari kejauhan, sehingga sangat indah bila menyaksikan matahari terbenam dari lokasi ini.

 


Dibaca : 3822 kali
Diposkan pada 11 Juni 2015